Tamatnya MP3, AAC Sebagai Pengganti


MP3, format musik yang muncul dan populer di zaman 1990-an akhirnya secara resmi ditiadakan. 

Merupakan The Fraunhofer Institute for Integrated Circuits, lisensi untuk beberapa paten terkait MP3 sudah dihentikan lembaga penelitian Jerman yang membuat format MP3 tersebut yang mengumumkan bahwa mereka. 

Dikutip dari Engadget, Frunhofer Institute lalu meluncurkan format Advanced Audio Coding (AAC) sebagai gantinya. AAC menjadi standar de facto untuk mengunduh musik dan video dari ponsel. 

Format itu mempunyai fungsi yang lebih gede dan lebih efisien, audio berkualitas lebih tinggi pada bitrate lebih tidak tinggi dihadirkan lantaran penyiaran Televisi dan radio streaming telah menggunakan format untuk daripada MP3.

Pada tahun 1980-an di Friedrich-Alexander Univcersity of Erlangen-Nuremberg dimulai riset dasar dalam pengkodean audio. Riset itu menghasilkan format MP3 yang simpel. Format itu menggunakan sepuluh persen ruang penyimpanan dari arsip itu.

Dalam buku karya Stephen Witt yang berjudul How Music Got Free, sabotase perusahaan dan kegagalan lainnya nyaris membuat format MP3 menjadi tidak relevan. 

Sampai akhirnya, Fraunhofer mulai memberikan piranti lunak yang mampu digunakan oleh konsumen untuk mengambil lagu dari CD ke file MP3 dari komputer mereka, sesudah tersebut format itu diluncurkan.

Di akhir tahun 1990-an, arsip dengan ukuran tidak besar itu tersebar bebas di internet, yang kemudian memantik pembajakan digital. 

Perihal itu memutuskan proses pertukaran yang dilakukan secara ilegal selama bertahun-tahun, seperti dalam situs Napster dan Kazza yang menjadi tuan rumah dalam layanan peer to peer yang memungkinkan orang untuk mengunduh lagu dengan sekali klik. 

Pasti saja, format itu juga memungkinkan pengembangan dari sisi hukumnya, karenanya penjaja online bergegas untuk memenuhi persyaratan publik berkaitan dengan langkah-langkah mendapatkan musik secara sah. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Paling Mudah Download Foto Dan Video di Instagram Tanpa Menggunakan Aplikasi

Microsoft mengkonfirmasikan hal itu tidak membunuh Paint

China telah Operasikan Teleskop Besar untuk Mencari Alien