Satelit Multifungsi Telah Masuk Proyek Strategis Nasional

Kementerian Komunikasi dan Informatika berencana mengusulkan proyek tambahan dari sektor telekomunikasi untuk masuk ke dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN). Proyek yang dimaksud yakni pembangunan satelit multifungsi untuk area pulau kecil dan pedalaman di Nusantara.

"Kami mempertimbangkan untuk memasukkan proyek satelit multifungsi. Pemerintah masukkan itu ke PSN," ungkap Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jumat (11/11).

Penambahan proyek satelit multifungsi ke dalam daftar PSN, kata Rudiantara, agar pembangunan proyek dapat dipercepat, seperti halnya yang saat ini telah dilakukan pemerintah terhadap proyek jaringan serat optik nasional atau Palapa Ring.

Selain itu, ia juga menginginkan agar proyek satelit multifungsi dapat digarap dengan skema pendanaan berupa Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).


"Alasannya, KPBU itu relatif jauh lebih baik daripada memanfaatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)," kata pria yang kerap disapa Chief RA.

Dengan skema KPBU, pemerintah tak perlu memberikan investasi di awal, namun pemerintah bisa mencari mitra dari pihak swasta untuk diajak berinvestasi dan membangun satelit multifungsi.

Selain pertimbangan pendanaan, penyertaan proyek ini ke dalam PSN agar Kominfo sebagai regulator dapat fokus membuat regulasi ketimbang mengurus pembangunan satelit secara langsung.

Namun begitu, ia masih enggan membagi target-target awal yang telah dipetakan oleh kementerian terkait pembangunan satelit multifungsi ini.

"Yang jelas, kita terus review mana yang sudah berjalan dan yang baru setengah berjalan," ucapnya.

Untuk diketahui, pemerintah bermaksud membangun satelit multifungsi yang menjangkau daerah-daerah terpencil di Indonesia dan dapat dimanfaatkan untuk banyak sektor, seperti komunikasi, kemaritiman hingga pertanian.

Sebelumnya, Kominfo mengungkapkan tengah mencari filling satelit yang cocok untuk proyek ini dengan mempertimbangkan sejumlah analisis filling band plan yang dimiliki oleh negara tertentu.

Filling satelit merupakan slot orbit yang dimiliki masing-masing negara untuk menggelar layanan satelit.

Sementara untuk proyek Palapa Ring yang saat ini telah dimasukkan ke dalam 25 daftar PSN, ia mengatakan proyek tersebut terus berjalan dengan baik.

"Palapa Ring adalah salah satu proyek yang progresnya baik. Artinya sudah sesuai dengan jadwal, semuanya pada 2019 akan selesai," tambah Rudi.

Rudiantara memastikan, proyek Palapa Ring Barat dan Tengah sudah financial closing dan saat ini tengah dalam tahap pembangunan. Sementara Palapa Ring Timur ditargetkan akan financial closing di awal 2017.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Paling Mudah Download Foto Dan Video di Instagram Tanpa Menggunakan Aplikasi

Microsoft mengkonfirmasikan hal itu tidak membunuh Paint

China telah Operasikan Teleskop Besar untuk Mencari Alien