Lebih Cerdas, Google Assistant Sudah Siap Bersaing dengan Siri

Meskipun Google telah memiliki layanan asisten digital Google Now, raksasa teknologi seakan tidak puas untuk memberi sentuhan yang lebih pintar ke layanan anyar Assistant yang baru diperkenalkan secara resmi di acara Made by Google, Selasa malam (4/10).

Bukan sekadar penarik konten dari mesin pencari, platform baru ini juga bisa melakukan 2  hal, seperti tindakan langsung dan tindakan percakapan. Kalau digunakan di berbagai jenis perangkat, berbeda

Mengutip The Verge, layanan personal ini bisa berfungsi maksimal saat digunakan dengan telepon genggam Google Pixel, program Allo, dan perangkat elektronik pandai di rumah.

Saat disinkronisasi dengan perangkat elektronik cerdas, Assistant bisa berfungsi layaknya satu remote. Mulai dari menyalakan dan mematikan lampu, memutar video di Televisi, mengatur alarm, hingga memutar musik.

Saat digunakan melewati telepon genggam Pixel, pengguna bisa meminta Assistant untuk melakukan beragam hal, mulai dari mengatur agenda, memutar video YouTube, mengirim pesan, hingga memesan taksi. Cuma dengan menekan tombol Home, lalu Assistant bakal mencuat dan menanyakan perihal apa yang bisa dilakukannya.

Untuk bisa melakukan tindakan langsung seperti memesan taksi, Google berjanji akan melakukan kerjasama dengan pihak lain dan pengembang program pihak ketiga, seperti Uber, CNN, LinkedIn, dan lainnya.

sementara itu, saat terhubung dengan layanan pesan instan Allo, Assistant berfungsi layaknya chatbot. Saat pengguna mengajukan pertanyaan, Assistant akan memunculkan jawaban di layar ponsel.

Sejumlah fitur dan kemampuan yang ditawarkan Assistant sesungguhnya telah lebih dahulu diperkenalkan melalui Google Now. Cuma saja, Assistant memiliki kemampuan dan tingkat kecerdasan yang lebih baik dalam mendeteksi setiap informasi yang diajukan pengguna.

Hadirnya Assistant menambah deretan layanan asisten digital pintar yang sudah lebih dulu dikembangkan seperti Siri dari Apple, Cortana dari Microsoft, dan Echo dari Amazon.


Maka tidak demikian dengan Assistant jika Google Now adalah platform asisten virtual berbasis bunyi Versi asisten teranyar ini tidak cuma bisa menerima perintah berbasis suara, tapi juga melalui teks.

Keduanya bisa digunakan untuk melakukan tidak sedikit perihal, mulai dari memesan melakukan pencarian, membuat jadwal dan alarm, hingga membuat jadwal penerbangan. Google memastikan algoritma yang disematkan pada Assistant lebih baik ketimbang Google Now, sejumlah informasi berkaitan dengan perihal yang ditanyakan pengguna akan turut ditampilkan.

Google Now digunakan maka informasi yang mencuat sesuai dengan apa yang diminta seperti mencari restoran terdekat kalau pengguna melakukan pencarian

Sementara Assistant dibekali kecerdasan yang lebih baik dan mampu mempelajari hal-hal rinci sang pengguna. Sehingga saat diminta mencari restoran terdekat, Assistant akan memberikan rekomendasi sesuai dengan 'history' restoran serupa yang dikunjungi atau melalui pencarian menu masakan serupa. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Paling Mudah Download Foto Dan Video di Instagram Tanpa Menggunakan Aplikasi

Microsoft mengkonfirmasikan hal itu tidak membunuh Paint

China telah Operasikan Teleskop Besar untuk Mencari Alien