Google Assistant Versi Bahasa Indonesia Akan Hadir Akhir Tahun

Walaupun Google sudah memiliki layanan asisten digital Google Now, raksasa teknologi seakan tidak puas untuk memberi sentuhan yang lebih pandai ke layanan anyar Assistant yang baru diperkenalkan secara resmi di acara Made by Google, Selasa malam (4/10).

Bukan sekadar penarik konten dari mesin pencari, platform baru ini juga bisa melakukan 2  perihal, seperti tindakan langsung dan tindakan percakapan. Kalau digunakan di berbagai jenis perangkat, berbeda

Mengutip The Verge, layanan pribadi ini bisa berfungsi maksimal saat digunakan dengan telepon genggam Google Pixel, program Allo, dan perangkat elektronik cerdas di rumah.

Saat disinkronisasi dengan perangkat elektronik pintar, Assistant bisa berfungsi layaknya satu remote. Mulai dari menyalakan dan mematikan lampu, memutar video di TV, mengatur alarm, sampai memutar musik.

Saat digunakan melalui handphone Pixel, pengguna bisa meminta Assistant untuk melakukan berbagai hal, mulai dari mengatur agenda, memutar video YouTube, mengirim pesan, sampai memesan taksi. Cuma dengan menekan tombol Home, lalu Assistant akan muncul dan menanyakan hal apa yang bisa dilakukannya.

Untuk bisa melakukan tindakan langsung seperti memesan taksi, Google berjanji akan melakukan kerjasama dengan pihak lain dan pengembang aplikasi pihak ketiga, seperti Uber, CNN, LinkedIn, dan lainnya.

sementara itu, saat terhubung dengan layanan pesan instan Allo, Assistant berfungsi layaknya chatbot. Ketika pengguna mengajukan pertanyaan, Assistant akan memunculkan jawaban di layar handphone.

Beberapa fitur dan kemampuan yang ditawarkan Assistant sebenarnya telah lebih dahulu diperkenalkan melewati Google Now. Hanya saja, Assistant mempunyai kemampuan dan taraf kecerdasan yang lebih baik dalam mendeteksi setiap informasi yang diajukan pengguna.

Hadirnya Assistant menambah deretan layanan asisten digital pintar yang telah lebih dulu dikembangkan seperti Siri dari Apple, Cortana dari Microsoft, dan Echo dari Amazon.

Google Now dan Assistant
Jika Google Now merupakan platform asisten virtual berbasis suara, maka tak demikian dengan Assistant. Versi asisten teranyar ini tak hanya bisa menerima perintah berbasis bunyi, tetapi juga melewati teks.

Keduanya bisa digunakan untuk melakukan tidak sedikit perihal, mulai dari memesan melakukan pencarian, membuat jadwal dan alarm, hingga membuat jadwal penerbangan. Google memastikan algoritma yang disematkan pada Assistant lebih baik dibandingkan Google Now, sejumlah informasi berkaitan dengan perihal yang ditanyakan pengguna bakal turut ditampilkan.

Google Now digunakan oleh maka informasi yang muncul sesuai dengan apa yang diminta seperti mencari restoran terdekat jika pengguna melakukan pencarian

Sementara Assistant dibekali kecerdasan yang lebih baik dan mampu mempelajari perihal rinci sang pengguna. Sehingga saat diminta mencari restoran terdekat, Assistant akan memberikan rekomendasi sesuai dengan 'history' restoran serupa yang dikunjungi atau melewati pencarian menu masakan serupa. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Paling Mudah Download Foto Dan Video di Instagram Tanpa Menggunakan Aplikasi

Microsoft mengkonfirmasikan hal itu tidak membunuh Paint

China telah Operasikan Teleskop Besar untuk Mencari Alien